29 May 2009

OPEN DOORS 2006 -Connecting cinema from South East Asia-

26.09.2006.
Dear Zev dan para pembaca, saya mempunyai kabar yang mungkin sudah agak terlambat tapi saya berharap belum menjadi “basi”.

Kabar ini juga merupakan kado untuk kemerdekaan RI ke 61 dan ulang tahun Koki yang pertama. Locarno International Film Festival ke 59 di Swiss yang berlangsung pada tanggal 2 hingga 12 Agustus 2006, memberikan kebanggaan tersendiri bagi saya sebagai warga negara & orang Indonesia.
Tahun ini pada pada tanggal 9 Agustus, delapan hari sebelum hari kemerdekaan RI ke 61 dan 15 hari sebelum Ulang Tahun KoKi, nama Indonesia tercatat sebagai pemenang dalam kategori “Open Doors Prizes”. “Open Doors 2006” bertemakan “Connecting Cinema from South East Asia” dimana terdapat 50 film yang berkompetisi dari negara-negara Thailand, Malaysia, Singapore dan Indonesia. Yang mana pemenangnya adalah 2 “negara bersaudara” yang hidup bertetangga, yaitu:
  1. The Photograph (Nan Achnas, director; Paquita Widjaja-Afief, producer, Indonesia)
  2. Jermal (Ravi Bharwani, director; Shanty Harmayn and Orlow Seunke, producers, Indonesia)
  3. Living Quietly (Tan Chui Mui, director; Joanna Lee, producer, Malaysia)
Penghargaan diberikan dalam bentuk dana sebesar 10.000 Euro untuk memproduksi dan menghasilkan karya yang benar-benar bermutu.
Pada bulan Maret tahun 2002, skenario The Photograph mendapat Prince Klaus Award di Rotterdam International Film Festival dan Gotenborg Film Fund Award dari Swedia.
Berhubung saya tidak sempat menontonnya, jadi dengan sedih hati saya tidak bisa menguraikan lebih lanjut.
Tapi pokoke, diatas segalanya, Indonesia hidup tenan!

P.S: Zev, mungkin ada pemerhati film atau penulis yang bisa menguraikan lebih lanjut tentang film “The Photograph” dan “Jermal”?
Terima kasih sebelumnya...





0 comments: