02 June 2009

Comrade in Oath

06.08.2008.

Dear Zev, para kokiers, kokoers, silence readers dan talkative readers,

Tanggal satu Agustus di tahun seribu dua ratus sembilan puluh satu, tiga kanton (daerah/wilayah) yang terletak di lembah pegunungan Alpin (Kanton Uri, Kanton Schwyz dan Kanton Unterwalden) bersumpah untuk bersatu padu didalam satu komunitas.

Persumpahan ini dilakukan berdasarkan azas persahabatan, seperti tiga orang yang berjanji untuk bersahabat, saling membantu di dalam kesusahan dan melindungi dari serangan pihak luar.

Semakin lama, sahabat-sahabat mereka semakin bertambah, dan pada tahun 1848 para sahabat yang berjumlah total 26 Kanton membentuk negara federal berlandaskan PERSAHABATAN, yang kini dikenal dengan nama Switzerland.



Tanggal satu Agustus di tahun dua ribu delapan. Seperti tahun-tahun sebelumnya, pesta kembang api menjadi penggembira pada malam hari di empat sudut langit Swiss.

Sayangnya, pada tahun ini, hari pertama di bulan Agustus, hujan mengguyur deras kanton Ticino, membuat Kembang Api enggan berlenggak-lenggok di kedinginan malam.

Untungnya, sang hujan memahami kegelisahan penduduk Ticino dan para turis yang dag dig dug, menunggu dar der dor sang Kembang Api.

Akhirnya, di hari kedua bulan Agustus tahun 2008, saya berhasil mengintip sang Kembang Api menari-nari di atas danau Ascona, kanton Ticino.

Mungkin kokiers sudah mulai bosan dengan gambar kembang api, apalagi gambar tersebut di jepret oleh seorang amatiran seperti saya.

Tetapi di balik jepretan amatiran ala seorang Arita, saya sesungguhnya hendak menjepret hati anda, para kokiers nan budiman, agar semangat persahabatan persatuan kanton-kanton di lembah Alpin, bisa menulari dan menjangkiti Komunitas Kita, Kolom Kita yang kita cintai.

Salam persahabatan,...

Arita-CH

0 comments: