02 June 2009

Snow Drive with Mercedes-Benz

22.11.2008.
The Devils of Les Diablerets (Part 2)

Menurut ramalan cuaca, setelah puas mengangon sapi di atas gunung pada musim panas, kini tiba saatnya untuk menurunkan sapi-sapi ke bagian bawah lembah. Angin dan arus dingin yang berhembus, mulai menurunkan bintik-bintik salju, menghempas pohon-pohon yang bergeming ditinggal daun-daun berguguran. Warna alam berubah menjadi terang benderang, asyik bercengkrama dengan si putih salju. Aspal jalanan yang berwarna abu mengeras, terlihat melembut terselimuti lapisan es yang semakin hari semakin menebal.

Namun kelembutan yang terlihat pada kasat mata, tidaklah selalu selembut pandangan mata saat kita bersentuhan secara fisik. Kelembutan yang putih bisa menjadi sumber bahaya, kelembutan yang mengeras dengan titik beku dibawah nol sering menawarkan risiko kecelakaan yang berakhir dengan kematian.

Kesenangan dalam/akan kehidupan serta kematian, menjadi acuan yang layak dipelajari oleh siapapun, termasuk mereka yang bergerak di sektor otomotif. Cuaca yang tak setia dengan pilihannya sering membuat manusia kesal dan bahagia, menangis dan tertawa. Kadang sang cuaca bernyanyi manis dengan matahari yang selalu bangga dan dermawan membagi-bagikan sinar panas secara gratis tanpa bayaran ataupun tambahan pajak, namun sering juga sang cuaca berselingkuh dengan hujan es dan badai salju, yang juga turut dermawan menggelegar keras menghentak hingga melongsorkan “secuil” bagian lembah di tengah jalan raya.

Situasi cuaca yang sering kritis, karena cuaca buruk dapat muncul begitu saja, datang tak diundang, pergi tak diantar, menjadi salah satu alasan bagi perusahaan otomotif Mercedes-Benz di Swiss untuk melakukan acara Snow Drive bagi para pemilik mobil Mercedes-Benz. Program “Alpines Training” memberikan tawaran ekslusif, dengan segala jenis tantangan berkendara berbagai jenis kelas mobil, dan mengundang klien Mercedes-Benz untuk berpartisipasi secara gratis/cuma-cuma. Suatu program pengenalan sistim elektronik, termasuk ABS (anti-lock braking system) dan ESP (Electronic Stability Program), serta kesempatan untuk mempelajari lebih dalam lagi akan keuntungan-keuntungan yang didapat pada mobil-mobil yang diproduksi oleh Mercedes-Benz. Point tambah dari program ini adalah diadakannya kesempatan untuk menguji kekhususan dari berbagai mode pelatihan didalam kondisi nyata, secara bertahap menghadapi tantangan demi tantangan dengan tenang dan percaya diri.

Dalam program ini, klien diberikan kesempatan untuk menguji berbagai jenis tipe/kelas dari mobil Mercedes-Benz, yaitu kelas:
A, B, C, CL, CLC, CLK, CLS, E, G, GL, M, R, S, SL, SLK.

Welcome to Les Diablerets

Program Alpine Training yang diadakan di Les Diablerets, tepatnya di Col de la Croix pada ketinggian 1750 m, adalah satu-satunya program simulasi yang dilakukan dengan kondisi keadaan yang real/nyata, pada jalanan umum yang menanjak, dan berliku-liku. Suatu program simulasi yang digelar untuk menghadapi keadaan jalanan yang sesungguhnya, sehingga dapat memberikan hasil yang optimal dalam kehidupan nyata sehari-hari.

Ada empat tahap/pos yang didirikan untuk menguji kendaraan:
  • Pos 1: Starter dan manuver mobil, slalom test. Dilakukan pada ketinggian 1100 m.
  • Pos 2: Stabilitas dan sistim rem mobil.
  • Pos 3: Penggunaan sistim 4 Matic.
  • Pos 4: Khusus untuk kendaraan berpenggerak ganda disegala medan di jalanan bersalju. Dilakukan pada ketinggian 1750 m.

Para instruktur dan para peserta program.

Para instruktur dan para peserta program.

UNIMOG ("UNIversal-MOtor-Gerät")

UNIMOG ("UNIversal-MOtor-Gerät"), dengan sistim mesin hidrolik bertransmisi 27 (speed transmission), mempunyai 4 rantai penggerak. Unimog berfungsi untuk membelah salju dan meratakan jalan dari pecahan salju yang terbelah.



START menuju pos pertama.

START. Menuju pos pertama...

CLS 500 (harga mulai dari CHF 86 100.-).

CLS 500 (harga mulai dari CHF 86 100.-).

CLS 500 (harga mulai dari CHF 86 100.-).

CLK 350 Cabriolet (harga mulai dari CHF 70 200.-).

CLK 350 Cabriolet (harga mulai dari CHF 70 200.-).

E 280 CDI, slalom test (harga mulai dari CHF 83 900.-).

E 280 CDI (harga mulai dari CHF 83 900.-). Slalom test.

-------------------------------------------------------------------------------------------

POS 4. Khusus untuk kendaraan berpenggerak ganda disegala medan di jalanan bersalju. (Ketinggian 1750 m).

G 400 CDI berpenggerak ganda, menuju pos ke 4.

G 400 CDI berpenggerak ganda, menuju pos ke 4.

ML 350 (harga mulai dari CHF 83 900.-)

ML 350 (harga mulai dari CHF 83 900.-)

ML 500 (harga mulai dari CHF 104 554.-)

ML 500 (harga mulai dari CHF 104 554.-)

G 400 CDI (harga mulai dari CHF 106 300.-)

G 400 CDI (harga mulai dari CHF 106 300.-)

Pos ke 4. Uji coba kendaraan berpenggerak ganda pada medan berat bersalju. (Ketinggian 1750 m).

Pos ke 4. Uji coba kendaraan berpenggerak ganda pada medan berat bersalju. (Ketinggian 1750 m).

Pergantian pos.

Pergantian pos.

Pos ke 1: Starter dan manuver mobil/slalom (ketinggian 1100 m).

Pos ke 1: Starter dan manuver mobil/slalom (ketinggian 1100 m).

Slalom test.

Slalom test.

Kembali ke hotel.

Kembali ke hotel.

Acara selanjutnya, makan malam bersama. It’s raclete’s time!
Selamat makan...!

Note: Program ini juga terbuka untuk umum. Formulir pendaftaran uji coba mobil, bisa didapatkan pada website Mercedes-Benz Swiss, dengan biaya CHF 500.- per orang.

(http://www.mercedes-benz.ch/content/switzerland/mpc/mpc_switzerland_we_events.0002.html)
Arita - CH

0 comments: